Header Ads

Kapolrestabes Surabaya Kawal Aksi Long March Parade Bela Persebaya

http://ift.tt/2hmkd2M

IMG_4747Surabayaraya 26/12/16 : Ribuan Suporter Persebaya (Bonek) menggelar Aksi Parade Bela Persebaya pada Senin (26/12/16). Mengambil Start di Jalan Pahlawan, Bonek Mania menampilkan aneka keunikan yang ditujukan untuk memberikan dukungan kepada Persebaya.

Ada yang membawa patung buaya hijau berukuran cukup besar dengan panjang mencapai lima meter. Kemudian ada juga yang naik kuda, membawa keranda, serta aneka poster, baleho serta bendera khas Persebaya dengan ukuran-ukuran yang super jumbo.

“Dalam aksi kali ini, tidak hanya Bonek, tapi kami juga didukung penuh oleh Kepolisian dan Pemerintah Kota Surabaya,” kata Andi Peci.

IMG_0412Dukungan dari kepolisian tampak dari pengawalan yang dilakukan. Bahkan mobil komando yang digunakan oleh para koorlap aksi untuk memandu massa menggunakan mobil komando milik Satuan Sabhara Polrestabes Surabaya.

Sementara dukungan dari Pemerintah Kota Surabaya terlihat dari disediakannya puluhan truk bak terbuka untuk mengangkut massa suporter kembali dari garis finis parade di sekitar Jalan Wijaya Kusuma Surabaya.

Sebelum parade diberangkatkan, Kapolrestabes Surabaya didampingi Korlap Aksi Bonek Andi Peci berpesan agar selama pelaksanaan Parade Bela Persebaya Bonek Mania dapat menunjukkan sikap yang tertib. Dengan begitu masyarakat akan menaruh simpati yang positif bagi kreatifitas suporter fanatik persebaya tersebut.

“Hari ini merupakan momentum akhir tahun yang dapat dijadikan sebagai penutup lembaran sejarah yang buruk tentang bonek mania. Semoga harapan suporter Persebaya ini dapat terwujud di Tahun Baru 2017 mendatang,” kata Kombespol M. Iqbal sebelum melepas keberangkatan Parade Bela Persebaya.

IMG_4788Parade sendiri mengambil start dari Tugu Pahlawan kemudian menyusuri jalan Pahlawan, lantas ke Jalan Tunjungan dan berakhir di Balai Kota Surabaya. Massa sendiri mulai melakukan parade sejak pukul 09.15 WIB dan tiba di garis finis di sekitar Balai Kota sekitar pukul 11.30 WIB. Sesampai di balaikota, massa lantas diarahkan ke Jalan Wijaya Kusuma untuk dinaikkan truk milik Pemerintah Kota Surabaya guna membawa mereka kembali ke Tugu Pahlawan.

Parade kali ini dilakukan dengan cara long march berjajar masing-masing suporter yang mewakili kecamatan masing-masing. Selain perwakilan kecamatan seluruh Surabaya, suporter Persebaya juga datang dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Andik Peci mengatakan, aksi kali ini merupakan rangkaian dari perjuangan bonek yang telah dilakukan sejak tahun 2013. “Aksi ini berbeda. Kali ini kami membuat karnaval bela Persebaya, ini sekaligus untuk persiapan menanti Kongres PSSI 8 Januari,” kata Andi.

Tujuan dari pawai kali ini, kata Andik, adalah minta PSSI saat Kongres di Bandung nanti bisa kembali memasukkan Persebaya. “Pesan kami sederhana, persoalan sepakbola nasional tidak akan selesai jika Persebaya tidak selesai. Sekarang tidak ada dualisme lagi,” ujarnya.

Seluruh rangkaian kegiatan berakhir dengan lancar, situasi seputaran Kota Surabaya terpantau aman dan terkendali. Tidak ada kejadian menonjol terjadi selama kegiatan berlangsung.
***day



from Tribratanews Surabaya http://ift.tt/2hmpesi
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.